Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Telah terbit Peraturan BKN 8/2019 ttg Pedoman Tata Cara & Pelaksanaan Pengukuran Indeks Profesionalitas (IP) ASN. Yuk pelajari & coba nilai IP-mu disini
author photo
By On
Sampai sekarang pun di akhir cut off Dapodik masih banyak guru yang dibuat bingung oleh lembar validasi Info GTK. Beragam permasalahannya, diantaranya SKTP sudah terbit tapi belum valid, sudah ada bukti transfer pencairan namun belum keluar nomor rekening, yang paling bikin kesel guru adalah data hari ini dinyatakan valid namun besoknya berubah belum valid, besoknya lagi berubah valid dan kemudian tidak valid lagi dan seterusnya.
Penyebab JJM Utama MataPelajaran Melebihi Kurikulum di Info GTK
Ambil positifnya saja, mungkin aplikasi dapodik masih dibawah umur jadi "LABIL" belum bisa membedakan data mana yang benar dan yang curang 😁😁😁.

Berdasarkan pengalaman terjadinya perubahan data Info GTK dari valid ke belum valid kemudian valid lagi dan seterusnya karena memang adanya kecurangan sang operator 😂😂😂 dalam mengolah data misalnya kita lihat di tabel rombel dengan keterangan "JJM Utama Mata Pelajaran Melebihi Kurikulum" indikasinya bahwa operator memaksa rombel yang sudah dipakai oleh guru lain ke guru yang bersangkutan maka yang tadinya data valid jadinya data berubah menjadi belum valid lagi.

Mungkin kasusnya bisa sedikit berbeda dengan milik Anda, namun sedikit referensi dibawah ini bisa Anda bandingkan jika data Anda belum valid.

Cara Memastikan Data Validasi Info GTK Benar-Benar Valid 100%

Untuk memastikan data info GTK Anda tidak akan berubah lagi, Anda harus melihat dengan teliti dari atas hingga kedalam bagian sub tabnya.

1. Data Individu Berdasarkan Dapodik
Pastikan dengan baik bahwa pada data individu (15 poin) tidak ada data yang berwarna merah.

2. Cek Validasi Data Sekolah Induk dan Non Induk
Pada bagian sub menu "Cek Sekolah Induk" silahkan klik dan pastikan bahwa data sekolah induk maupun non induk tidak ada yang salah.

3. Cek Kuncian Rombel
Silahkan lihat pada menu "Cek Kuncian Rombel" disana Anda akan melihat data kuncian rombel dan tugas tambahan. Pastikan tidak ada mapel pada rombel yang terkunci oleh guru lain.

4. Cek Tugas Tambahan
Jika Anda menambahkan jam tugas tambahan, untuk melihat status kevalidan data tugas tambahan pada Dapodik. Silahkan lihat pada menu "Cek Tugas Tambahan". Pastikan valid karena bisa jadi data Anda valid namun misalnya pada data individu berdasarkan dapodik total jam dan tugas tambahan hanya 22 jam sisanya tugas tambahan 2 jam tidak ada maka data Anda akan berubah lagi menjadi tidak valid.

5. Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik
Banyak kasus yang mengendap disini, lihat poin 11 status data dengan keterangan "SKTP belum dapat diterbitkan karena belum diusulkan operator tunjangan profesi dinas, silahkan hubungi dinasnya". Sebenarnya masalahnya bisa dilihat pada nomor 4 (total jam dan tugas tambahan). Meskipun valid namun belum 24 jam maka sampai kapanpun tidak akan terbit SKTP.

Jika sudah yakin dan benar data Anda memenuhi 24 jam maka ajukan ke operator simtum dinas.

6. Rombongan Belajar (Rombel)
Untuk melihat JJM pada rombel silahkan klik pada menu "Tampilkan Rombel". Di sini Anda akan melihat secara detail dari verifikasi data tunjangan profesi status beban mengajar dengan keterangan "tidak memenuhi syarat jam mengajar linier".

Anda akan menemukan keterangan yang bervariasi pada tabel keterangan rombel. Anda juga bisa melihat data yang sudah terkunci. Data yang sudah terkunci tidak bisa di otak atik untuk diubah ke guru yang lain.

Pastikan bahwa mapel dan rombel yang Anda ampu tidak terkunci oleh guru lain. Jika keterangannya seperti ini "JJM Utama Mata Pelajaran Melebihi Kurikulum" artinya rombel yang ada untuk mapel yang diampuh kelebihan beban guru. Solusinya harus menata ulang jadwal mapel.

Ditulis secara dadakan, semoga berhasil.

Click to comment