-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Verval PD Untuk Data Invalid
author photo
By On
Verval PD untuk data invalid merupakan menu daftar siswa yang menampilkan data yang tidak valid, dilihat dari Data Dapodik.

Dapodik setelah melakukan sinkronisasi data, khusus bagian data peserta didik akan masuk ke verval PD 2x24 jam.

Kesalahan data invalid biasanya dipicu dari kesalahan dalam prosedur pengisian/entri data peserta didik di Dapodik. Oleh karena itu, sistem VervalPD akan menginformasikan kesalahan tersebut melalui fitur data invalid ini.

Contoh keterangan status data invalidnya bisa berbeda, misalnya: 1. ketidaklengkapan pengisian variabel data peserta didik, 2. tanggal masuk sekolah untuk siswa mutasi tidak valid, 3. kesalahan penentuan registrasi masuk rombel dan lain-lain. Kurang lebih seperti berikut tampilan kesalahan data invalidnya:
data invalid
Cek kembali di Dapodik dan perbaiki. Jadi sebelum Anda meperbaiki data peserta didik di Dapodik perhatikan status keterangan data invalidnya. Biasanya kasusnya banyak disini kesalahan penentuan registrasi masuk rombel.

Mungkin referensi dibawah ini bisa membantu Anda mengatasi maslah verval PD untuk data invalid:
Cara Atasi Siswa 11, 12 Belum Memiliki NISN di Verval PD
Cara Menambah NISN Siswa Yang Belum Sinkron di Dapodik Setelah Verval PD
Memperbaiki Data Invalid Pada Verval PD dan Verval Arsip GTK 2018
Cara melihat Peserta Didik Status Aktif / Terdaftar di Dapodik 2019
Kenapa Biodata Siswa Tidak berubah di PDUN?

Pertanyaan dibawah ini sering diajukan oleh operator dapodik mengenai validasi data siswa.
Verval PD Untuk Data Invalid
Tanya : Kenapa data siswa hilang setelah Operator Sekolah menyelesaikan proses pengajuan mutasi?
Jawab : Data siswa memang akan hilang sementara saat dalam antrian proses persetujuan/approval di Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK. Sejauh mana proses pengajuan mutasi tersebut bisa Operator Sekolah kroscek di menu Status Pengajuan Mutasi.

Tanya : Apa yang harus dilakukan Operator Sekolah setelah proses mutasi sudah selesai diajukan dan data siswa sudah hilang dari menu Belum Memiliki NISN?
Jawab : Cek menu Status Pengajuan Mutasi untuk mengetahui pengajuan mutasi sudah disetujui atau belum. Jika belum, segera konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kab/Kota (Operator Dinas), bawa serta dokumen mutasi siswa untuk proses verifikasi ulang oleh Operator Dinas (verifikasi dokumen secara langsung atau via media lainnya tergantung kebijakan Dinas masing-masing).

Tanya : Bagaimana jika NISN siswa mutasi hasil persetujuan mutasi (approve) oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK tidak sesuai dengan NISN siswa tersebut di ijazah sebelumnya?
Jawab: jika NISN hasil approval Dinas Pendidikan/PDSPK tidak sesuai dengan NISN siswa di ijazah sebelumnya, silakan Operator Sekolah mengajukan edit NISN melalui menu EDIT DATA / PENGAJUAN >> NISN.

Tanya : Apa yang harus dilakukan oleh Operator Sekolah jika ada data siswa yang masuk ke menu "Belum Memiliki NISN", tetapi status validasinya bukan “Mutasi Siswa” melainkan “Belum Memiliki NISN” padahal siswa tersebut adalah siswa mutasi?
Jawab: Perbaiki data siswa melalui aplikasi Dapodik terlebih dahulu. Keluarkan data siswa tersebut dari rombel lalu masukkan lagi kedalam rombelnya, dengan memilih registrasi masuk : MUTASI. Simpan perbaikan lalu sinkronisasi ulang Dapodiknya. Tunggu 1 hari hingga status validasi siswa di aplikasi VervalPD berubah menjadi “Mutasi Siswa”. Setelah status validasi berubah, silakan Operator Sekolah memproses pengajuan mutasinya mulai dari Langkah 1 s/d 3 (lihat pada panduan verval PD).


Perubahan data pada laman Verval PD (Peserta Didik) mengikuti perubahan data pada aplikasi Dapodik. Jika pada verval PD tidak menunjukkan perubahan artinya data masih tetap sama seperti semula di menu invalid maka tidak ada perubahan data di Dapodik yang di sinkronkan.

Click to comment