-->

Tulislah kata kunci yang Anda cari, Enter

Cara Membuat Soal Online Selain Google Formulir Di Blog Terbaru
author photo
By On
Untuk menunjang proses belajar mengajar beragam metode dan strategi dilakukan oleh seorang guru demi mewujudkan cita-cita pendidikan yakni mencerdaskan Bangsa. Dari mulai membuat RPP, Silabus, Penilaian, Media Pembelajaran. Terkait dengan penilaian dan Media Pembalajaran kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat soal online selain Google Formulir. Yakni membuat Soal Online dengan Wondershare Quiz Creator.

Berdasarkan pengalaman saya membuat soal online akan membantu kita dalam melakukan ulangan, tes, kuis dan lain-lain. Ulangan Online ini sangan efektif untuk menghemat penggunaan kertas dan waktu untuk koreksi. Karena Ulangan Harian secara Online, siswa akan langsung mengetahui nilainya.

Sebenarnya banyak software yang dapat dipakai untuk membuat Ulangan Online, seperti Wondershare Quiz Creator, Articulate, iSpring QuizMaker, dan Question Writer. Ada juga yang versi web seperti Proprof.com dan Edmodo.com. SmartBee, Simulasi cat online, UNBK dan lain-lain.

Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Kali ini akan saya membuat tutorial menggunakan Question Writer. Wondershare Quiz Creator lebih fast loading di blog, namun minim fitur. Jika menginginkan fitur yang lebih kaya bisa menggunakan selain Wondershare Quiz Creator, namun kadang gagal pada proses embedded di Blog.

Software-software tersebut dapat Anda cari di Internet dengan bantuan mesin pencari seperti Google.

Berikut Langkah membuat soal online dengan Question Writer

  • Buatlah soal dengan Question Writer, dan jangan lupa mencantumkan e-mail anda untuk mengirimkan nilai hasil ulangannya. (supaya hasil ulangan bisa kita ketahui)
Langkah 1 membat soal online
Note: Jika Anda belum membuat soal. Buatlah contoh soal baru klik new quiz ⇒ pilih multiple choice ⇒ isikan data sesuai pada kolom. Setelah soal selesai klik tab properties ⇒ klik web settings ⇒ cek send result isikan email Anda. Save.
  • Save dan Publish hasil kuis yang telah dibuat.
Publish Quiz untuk Web. Hasil publish ini berupa tiga file yakni .html .jsfile dan .swf.
publish soal online ke blog
  • File yang berekstensi .swf diupload ke google site. Jika blm punya google site, login dulu di https://sites.google.com  Upload file .swf dan ambil link file-nya. Contoh link file setelah diupload di google site:  https://sites.google.com/site/kelaspai/home/v1soaluas1.swf?attredirects=0
Selain Google site Anda juga bisa menggunakan dropbox atau host lainnya yang bisa dipakai untuk menyimpan file tersebut.

Cara memasukkan file Question Writer di Blog.

embed soal online ke blog
  • Login ke Blogger > Dasboard > Pilih New Post > Pilih HTML (bukan Compose)
  • Masukkan script berikut (ingat! Pada bagian HTML bukan Compose)
<embed align="middle" allowscriptaccess="always" bgcolor="#000000" height="360" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" quality="medium" src="LINK FILE" type="application/x-shockwave-flash" width="460" wmode="opaque"></embed>

Keterangan
Angka adalah ukuran tinggi dan lebar, bisa disesuaikan sendiri
LINK FILE diisi dengan contoh link file .swf setelah diupload di atas…..
Jadi setelah dimasukkan kira kira seperti berikut
<embed align="middle" allowscriptaccess="always" bgcolor="#000000" height="460" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" quality="medium" src="https://sites.google.com/site/kelaspai/home/v1soaluas1.swf?attredirects=0" type="application/x-shockwave-flash" width="580" wmode="opaque"></embed>

  • Selanjutnya siap diupdate/dipublish. 

Lihat hasilnya. Semoga berhasil 

Click to comment